‘BONG KHIN DJUNG’ Sang Legenda Tatung Indonesia Yang Telah Meninggal Dunia Hadir di Cap Go Meh Singkawang 2020. Bagaimana Bisa?

0
4384
Tribute to Indonesia Legend of Tatung Singkawang 'BONG KHIN DJUNG'

Singkawang – BONG KHIN DJUNG, seorang legenda tatung Indonesia asal Singkawang yang telah mengharumkan nama Indonesia lewat tradisi & budaya tatung sampai ke negri China. Foto wajah beliau dapat kita jumpai di salah satu bandara udara negara China di Guangzhou. Beliau meninggal dunia pada tahun 2018, namun namanya, reputasinya sebagai tatung dan seluruh karya-karyanya tidak pernah hilang ditelan zaman. Terbukti dengan anak-anak dan cucuya yang mewarisi bakat ini, serta meneruskan jejak beliau hingga saat ini.

Saksikan kisah-kisah beliau selengkapnya dalam video ini.

Dalam rangka Cap Go Meh Singkawang 2020, seperti yang diceritakan oleh putra kelima, beliau mendatanginya lewat mimpi dan akan tetap hadir memeriahkan acara.

“Papa datang lewat mimpi, meminta kami menyiapkan tandu kosong untuknya dalam acara Cap Go Meh Singkawang 2020 nanti”, jelas Hendry Frans Wong (putra kelima).

Untuk sebuah akal logika manusia biasa, pastilah akan bertanya-tanya. Bagaimana bisa?

Bong Khin Djung semasa hidup. Foto : Budi Surachmat

Semasa hidupnya, Bong Khin Djung hidup sebagai tukang gigi bersama seorang istri dan 13 anak, serta kini 23 orang cucu. Dari keseluruhan anak-anaknya, 11 anak memiliki bakat seperti dirinya menjadi tatung. Dan seorang cucunya yang berusia 13 tahun, juga akan tampil dalam Cap Go Meh Singkawang 2020 nanti dengan atraksi 108 tusukan.

Foto : Terdepan online

Selain menjadi tatung, anak-anak Bong Khin Djung kini melestarikan kostum-kostum Tatung lewat mendesain dan menjahit kostum-kostum para dewa. Pesanan tidak hanya dari dalam negeri, tetapi telah sampai ke luar negri. Yang menarik adalah, mereka tidak sembarang membuat kostum tatung. Tetapi didatangi terlebih dahulu oleh para dewa dengan ritual khusus, atas restu dan petunjuk dewa, serta jika ada kesalahan, tak jarang mereka mendapat sanksi dari para dewa seperti sakit. Dewa akan memberitahukan letak kesalahannya lewat mimpi kepada mereka, dan ketika selesai diperbaiki sakit akan sembuh.

Bong Khin Djung dalam atraksi. Foto : sinarharapan.net

Menarik bukan? Masih ingin tahu lebih banyak tentang Bong Khin Djung dan keluarganya? Tonton video eksklusif kami bersama putra kelima, keenam serta seorang narasumber yang sering bersama beliau semasa hidup dalam video yang dibagikan di atas. Dan juga, penasaran dengan kehadiran Bong Khin Djung yang telah tiada dalam Cap Go Meh Singkawang 2020? Jangan sampai terlewatkan Festival Cap Go Meh Singkawang 2020 ‘Parade Tatung & Seni Budaya’ tanggal 08 Februari 2020. (db)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here